Thursday, July 8, 2010

KETAGIHAN SEKS


Paula Hall, seorang terapis asal Inggris, mengatakan bahwa satu dari 20 orang menderita sex addict (ketagihan seks). Sangat banyak dan mengejutkan! Bahkan ada lagi yang mengatakan bahwa sex addict telah menjadi ciri peradaban saat ini. Mengerikan bila ini memang benar.

Ketergangantungan seks sebenarnya hanya salah satu dari sekian jenis ketergantungan, seperti ketergantungan zat psikotropika, minuman keras, rokok dan sebagainya yang lebih dulu akrab di telinga kita. Hanya ketergantungan seks lebih “susah disembuhkan” sebab akar penyebabnya serringkali bukan seks itu sendiri.

Kapan manusia mengenal ketergantungan seks? Jawabannya bisa sepanjang pengetahuan manusia tentang seks itu sendiri. Ketergantungan seks memiliki siklus mirip lingkaran setan yang selalu berulang. Siklus berawal dari pikiran (everything starts in the mind), kemudian ke tahap fantasi, ritual, tindakan dan penyesalan. Tapi kemudian dia akan kembali berpikir tentang seks dan siklus akan berulang.

Adapun karakter orang dengan ketergantungan seks diantaranya adalah :

1. Peselingkuh (berselingkuh dan berhubungan seks dengan banyak orang).

2. Eksibionisme (suka memamerkan alat vital).

3. Terlalu sering melakukan masturbasi.

4. Secara rutin “bertelepon seks”.

5. Secara rutin membuka situs-situs porno.

Kebanyakan para pengidap ketergantungan seks menjadikan hubungan seks sebagai pelarian masalah. Oleh karena itu, penyelesaiannya adalah dengan mencari akar masalahnya dan menyelesaikannya. Kunci utamanya ada pada pengendalian diri dan cara melihat suatu masalah. Bagi yang merasa ada ciri-ciri di atas dan mulai memasuki siklus adiksi, belum terlambat untuk menghentikannya.

Sumber : Intisari, Juli 2010

No comments:

Post a Comment