Thursday, January 26, 2012

PELATIHAN UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN PUSKESMAS (1)


PELATIHAN

Pelatihan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti suatu proses latihan, yaitu proses belajar dan membiasakan diri agar mampu melakukan sesuatu. Menurut Departemen kesehatan, pendidikan adalah proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan kinerja, profesionalisme dan atau menunjang pengembangan karier tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, agar produktif dan bermutu melalui proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan andragogi.
Danim (2008) memadankan pelatihan dengan coaching yang merupakan teknik belajar yang melibatkan pengamatan individual pada pekerjaan dan penentuan umpan balik untuk memperbaiki kinerja dan mengoreksi kesalahan. Oleh karenanya, pelatihan dapat diberi makna sebagai persiapan untuk :
a.       Meningkatkan kompetensi dan ketrampilan staff.
b.      Persiapan promosi untuk posisi – posisi penyeliaan.
c.       Peningkatan kinerja kepemimpinan bagi orang – orang yang berada di posisi tersebut.  
Sementara Stevens (2008) mendefinisikan pelatihan sebagai hubungan yang dibangun sedemikian rupa dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran, efektivitas dan pemenuhan. Hubungan yang dimaksud di sini adalah hubungan profesional antara pelatih dan peserta pelatihan yang saling melengkapi, baik individual maupun kelompok. Pelatihan digunakan saat suatu ketrampilan, baik secara teori atau praktik, dibutuhkan untuk dipelajari.
Sasaran utama pelatihan adalah membantu peserta pelatihan secara obyektif mereka sedang berada di mana (kondisi sekarang) dan ingin berada di mana (kondisi masa datang), lalu mengembangkan suatu rencana untuk bergerak dari tempat sekarang menuju tempat yang ingin dicapai. Jelas di sini bahwa pelatihan merupakan proses berkelanjutan yang tidak berhenti dan pembelajaran selanjutnya lebih penting daripada sekedar pelatihan itu sendiri.

Sumber :
Danim, Sudarwan. (2008), Kinerja Staf dan Organisasi.  Bandung : Pustaka Setia.
Biech, Elaine. (2005), Training for Dummies. USA, Wiley Publishing, Inc.

No comments:

Post a Comment