Sunday, March 31, 2013

REFRESHING KONSELOR LAKTASI KABUPATEN BANJARNEGARA “SAATNYA KEMBALI KE ASI”


           Pada hari Rabu – Kamis tanggal 13 – 14 Maret 2013 yang lalu, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara diadakan refreshing untuk konselor laktasi se-Kabupaten. Refreshing dimaksudkan untuk melakukan up date ilmu kepada para konselor laktasi dan upaya untuk “membangunkan” kembali para konselor yang sudah cukup lama vakum dari kegiatan. 
Gbr. Refreshing Konselor Laktasi Kabupaten Banjrnegara
Kabupaten Banjarnegara memiliki sekitar 80 orang konselor laktasi yang sudah dilatih sejak tahun 2007 – 2008. Bahkan untuk meningkatkan hubungan kerja dan kegiatan, telah dibentuk suatu wadah konselor laktasi yang dinamakan ASERA (Asi Eksklusif Banjarnegara), suatu wadah sosial kemasyarakatan untuk mereka yang peduli terhadap pemberian ASI Eksklusif di Kabupaten Banjarnegara yang masih rendah yakni sekitar 6% saja.
Hal yang penting yang ditekankan kembali kepada para konselor, selain 10 langkah keberhasilan menyusui, juga bahwa ada tiga hal yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan menyusui, yaitu :
1.     Kepercayaan diri ibu bahwa dirinya mampu memberikan ASI pada bayinya secara cukup.
2.     Pengetahuan dan ketrampilan ibu untuk memberikan ASI pada bayinya secara benar.
3.     Dukungan lingkungan, terutama keluarga dalam mendorong pemberian ASI.
Tidak dapat dipungkiri, bahwa hal yang sering menyebabkan kegagalan menyusui adalah kurangnya dukungan lingkungan yang mendorong pemberian ASI. Untuk itulah peran konselor laktasi menjadi penting untuk membantu para ibu tersebut. Beberapa ibu yang sangat memerlukan bantuan adalah :
1.     Ibu yang baru pertama kali menyusui.
2.     Ibu yang memnadapatkan kesulitan menyusui, terutama dari sisi tehnik menyusui.
3.     Ibu yang sebelumnya memberikan susu botol pada bayinya dan ingin menyusui.
Ke depan diharapkan para konselor ini bisa semakin aktif dalam menyebarkan semangat menyusui kepada para ibu yang memiliki bayi dan dapat membentuk duta – duta ASI dari para ibu yang berhasil memberikan ASI kepada bayinya. Sehingga tujuan mulia ASERA yang ingin “Ikut Mendukung Terwujudnya Generasi Emas Melalui Awal Emas” dapat tercapai.

No comments:

Post a Comment