Tuesday, September 21, 2010

OBESITAS PADA WANITA MEMPENGARUHI DAYA INGAT!


Sebuah penelitian baru dari North Western Medicine, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa kelebihan berat badan di pinggul pada wanita tua bisa memperburuk kemampuan daya ingat.

Dari studi ini ditemukan bahwa setiap kenaikan BMI (Body Mass Indeks) satu poin pada wanita, akan menurunkan skor daya ingatnya satu poin. Daya ingat di sini dinilai dengan menggunakan MMMSE (Modified Mini-Mental Status Examination) yang memiliki skor sampai 100 poin.

Wanita dengan bentuk tubuh seperti buah pir lebih banyak mengalami penurunan daya ingat dan fungsi otak dibandingkan wanita dengan bentuk tubuh seperti buah apel. Hal ini diduga berkaitan dengan jenis lemak yang disimpan di sekitar pinggul dan pinggang. Lemak yang berbeda melepaskan sitokin yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula terhadap resistensi insulin, pembentukan lemak dan tekanan darah. Sitokin adalah hormon yang dikeluarkan oleh sel lemak tubuh dan dapat menyebabkan peradangan.

Yang pasti, lemak berkontribusi untuk pembentukan plak di pembuluh darah arteri yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer dan aliran darah ke otak menjadi terbatas.

Sumber : Ethical Digest, September 2010

No comments:

Post a Comment