Sunday, October 10, 2010

MENIKMATI MANFAAT MINUM KOPI

Kabar gembira bagi para peminum kopi. Berdasarkan hasil berbagai penelitian, terbukti bahwa kopi memiliki manfaat positif bagi kesehatan. selama ini kopi diklaim berdampak buruk dan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan.

Kopi mengandung kafein yang sudah dikenal sebagai pengusir rasa kantuk. Kafein memiliki mekanisme kerja untuk mengikat adenosin di otak. Adenosin adalah zat bertugas memperlambat kerja sel otak, sehingga membuat seseorang tertidur. Dengan pengikatan oleh kafein, maka kerja adenosinpun akan terhambat dan orang menjadi tidak mengantuk.

Efek selanjutnya dari kafein adalah dilepaskannya hormon epinefrin, yang memang akan muncul jika kerja otak meningkat. Fungsi hormon tersebut adalah menaikkan tekanan darah, menambah penyaluran darah ke otot, mengurangi aliran darah ke kulit dan organ dalam serta mengeluarkan glukosa dari hati. Aktivitas yang dihasilkan epinefrin inilah yang dibutuhkan saat bekerja.

Mengkonsumsi kopi dalam jumlah tepat, mampu menurunkan tingkat kesalahan yang terjadi selama bekerja dan juga meningkatkan produktifitas karyawan (Katherine Ker, London School of Tropical Medicine). Minum kopi juga meningkatkan aktivitas kerja otak, salah satunya menjadi lebih mudah berkonsentrasi. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa orang yang minum kopi 2-3 cangkir sehari beresiko lebih rendah terkena serangan jantung dan stroke. Bahkan dalam Journal of Nutrition, disebutkan bahwa kebiasaan minum kopi yang sama juga dapat mengurangi resiko terkena kanker, terutama kanker payudara, kanker kulit dan kanker hati. Kopi mengandung zat yang dapat melepaskan phytoestrogen dan flafonoid yang berfungsi menahan berkembangnya pertumbuhan dging liar dan tumor.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa kopi dapat menghindarkan dari Diabetes mellitus tipe II sampai 30%. Hal ini karena kandungan asam klorogenik yang dapat mencegah terganggunya kerja insulin. Tapi ingat, jangan terlalu banyak gula saat minum kopi, karena manfaat kopi menjadi percuma.

Lalu bagaimanakah caranya agar kita mendapatkan manfaat kopi?

Yang pertama, jangan minum kopi sebelum melakukan olahraga. Hasil penelitian yang dilakukan oleh American College of Cardiology menunjukkan, kopi dapat mengurangi aliran darah ke jantung selama berolahraga berat. Akibatnya justru mudah lelah karena tubuh kekurangan oksigen, terutama di otot, otak dan jantung. Waktu yang cukup tepat adalah pagi hari sebelum beraktivitas. Selain membuat semangat, juga mempermudah pengembalian proses metabolisme dalam tubuh yaitu dengan membakar 15 hingga 25 kalori. Tapi tentu jangan melakukannya sebelum olahraga pagi.

Selain itu, minum kopi saat rehat dapat membuat seseorang lebih persuasif dan membantu mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas. Kandungan dalam kopi mampu mengembalikan kondisi tubuh yang lelah menjadi lebih segar, sehingga mood ikutan berubah, sehingga seseorang akan menjadi lebih ramah (Laura Juliano, PhD).

Berikutnya adalah tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Dari berbagai riset, cukup dua cangkir kopi sehari atau maksimal tiga cangkir. Jumlah ini cukup untuk menikmati manfaat besar dari kopi dan terhindar dari efek sampingnya.

Minum lebih dari empat cangkir perhari akan menyebabkan tubuh intoksikasi (keracunan kafein) yang ditandai dengan pusing, jantung berdebar-debar, mudah gelisah, sulit tidur, sering kencing dan gangguan lainnya. Jika itu berlangsung lama, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan gangguan yang lebih serius.

Yang terakhir, kopi hanya layak dikonsumsi oleh orang dewasa. Sampai berusia 12 tahun, anak sebaiknya dihindarkan dari minum kopi. Kafein dalam kopi justru akan membuat anak menjadi merasa gugup, berdebar-debar dan sakit kepala.

Jadi, tunggu apalagi? Nikmati kopi dan manfaatnya. Sudah minum kopi hari ini?

Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment