Friday, November 11, 2011

HARI KESEHATAN NASIONAL KE-47 TAHUN 2011


Hari ini adalah Hari Kesehatan Nasional (HKN)! Hari Kesehatan Nasional diperingati tiap tanggal 12 November dan tahun 2011 ini adalah peringatan ke-47.  Sudah sangat lama. Tema Peringatan tahun ini adalah  “INDONESIA CINTA SEHAT”. Tema ini dipilih dalam rangka menggapai impian “INDONESIA SEHAT” yang didukung oleh tiga pilar, yaitu : Perilaku Sehat, Lingkungan Sehat dan Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas.
“Sehat memang bukan segalanya, tapi apabila tidak sehat segalanya menjadi tidak ada artinya”, merupakan kalimat yang sangat sering kita dengar dalam setiap peringatan HKN. Sebagaimana halnya kesembuhan dari sakit, untuk tetap sehat juga merupakan bentuk ikhtiar. Sesuatu yang hanya bisa diupayakan dan diperjuangkan. Dalam banyak hal, sehat ditentukan oleh perilaku manusia sendiri. Dan untuk menjaga tetap sehat diperlukan kerjasama dengan faktor eksternal yang kompleks, melibatkan multisektor.
Tapi baiklah, kita tidak perlu memikirkan tentang Pembangunan Kesehatan yang sangat multidimensi dan rumit itu. Yang sederhana saja, sudahkah kita menjadi pribadi (setidaknya berusaha) yang berperilaku hidup sehat? Sebagaimana diamanatkan dalam Undang – undang No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan pasal (11) yang menyebutkan bahwa “Setiap orang berkewajiban berperilaku hidup sehat untuk mewujudkan, mempertahankan dan memajukan kesehatan setinggi – tingginya”.  Bagaimana perilaku sehat dan perilaku merusak kesehatan itu? Sudah terlalu sering diserukan baik oleh pemerintah maupun swasta. Kita sudah sangat sering mendengarnya. Kenyataannya, masih banyak orang yang dzolim terhadap tubuhnya sendiri dari hak sehatnya dengan mengatasnamakan hak asasi manusia. Di lain pihak, perilaku kita bisa mempengaruhi kesehatan orang lain dan begitu juga sebaliknya.
Sudahkah kita berperilaku hidup sehat? Kalau belum, tidak ada kata terlambat. Mari kita mulai dari diri kita dan keluarga kita. Caranya? Mulailah menyehatkan mental kita terlebih dahulu dengan selalu berpikir positif. Kemudian lanjutkan dengan tidur lebih awal (paling lambat jam 11 malam) dan bagun lebih pagi (jangan lebih dari jam lima pagi). Penuhilah paru – paru kita dengan udara bersih dini hari. Sejukkan mata kita dengan hijauan daun dan warna – warni bunga. Biarkan kulit kita dihembus angin dan basah oleh embun. Gerakkan otot – otot kita. Ajaklah seluruh keluarga untuk ikut menikmati. Lakukan tanpa ketergesaan. Sesederhana itu? He.. he.. he.., siapa bilang sederhana? Coba saja lakukan dengan rutin….
Setelah itu, barulah kita berusaha meningkatkan diri dengan perilaku hidup sehat yang lebih rumit.
Yang pasti, Indonesia Sehat hanya akan bisa dicapai kalau individu – individunya sudah berperilaku hidup sehat. Tidak ada kata terlambat…
Selamat hari Kesehatan Nasional. Selamat menikmati hidup sehat! 

Banjarnegara, 12 November 2011

No comments:

Post a Comment