Wednesday, December 1, 2010

MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG DENGAN COKLAT


American Heart Association mempublikasikan sebuah jurnal hasil penelitian yang menyebutkan bahwa wanita tua yang mengkonsumsi coklat hitam 1-2 kali seminggu, bisa mendapat manfaat untuk mengurangi resiko penyakit gagal jantung. Penelitian yang melibatkan hampir 32.000 wanita berkewarganegaraan Swedia, berusia 48 – 83 tahun ini dilaksanakan selama 9 tahun.

Penelitian ini menunjukkan, dengan mengkonsumsi 19 – 30 gram coklat hitam 1- 2 kali seminggu, menyebabkan penurunan 32% resiko gagal jantung. Penurunan hanya 26% jika dikonsumsi 1 – 3 kali sebulan. Penurunan resiko justru tidak tampak pada mereka yang mengkonsumsi coklat setiap hari. Ini mungkin merupakan penelitian pertama yang menunjukkan efek jangka panjang coklat terhadap gagal jantung.

Coklat mengandung konsentrasi tinggi senyawa flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap penyakit jantung. Coklat hitam adalah pilihan terbaik selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan kakao tinggi dikaitkan dengan manfaat yang lebih besar pada jantung. Pada penelitian ini, walaupun coklat yang dikonsumsi adalah coklat susu, tapi berisi konsentrasi kakao tinggi sekitar 30%.

Studi ini menunjukkan pentingnya menemukan keseimbangan yang tepat dalam makanan kita. Seperti halnya antioksidan dalam buah dan sayuran, antioksidan dalam coklatpun mungkin bermanfaat untuk jantung kita. Jadi, tidak perlu memantang coklat, selama tidak berlebihan.

Sumber : Ethical Digest, Oktober 2010

No comments:

Post a Comment